27 Agustus 2018

NOVENDRA PRIASMORO JUARA CATUR ASIA U-20

BATASAN usia tertinggi untuk kategori junior yang ditetapkan oleh Federasi Catur Internasional (FIDE) adalah 20 tahun. Mengantisipasi batasan usia tersebut, maka PB PERCASI menetapkan usia junior tertinggi yang dipertandingkan pada Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Catur adalah 19 tahun (atau kelompok Junior A), agar juara di kelompok ini masih punya peluang untuk bertanding di tingkat dunia atau setidaknya di tingkat Asia hingga setahun ke depan (tentu saja bila kondisi "keuangan" PB PERCASI memungkinkan). Bila keuangan PB PERCASI sedang "krisis", minimal sang Juara Junior A (putra-putri) akan "dikirim" atau diikutsertakan bertanding di tingkat Asia Tenggara (ASEAN).


Novendra Priasmoro masih berusia 18 tahun ketika pada Kejurnas Catur Ke-46 tahun 2017 lalu tampil sebagai Juara bukan lagi di kelompok Junior A bahkan Juara di kelompok Senior Putra (atau yang sekarang disebut kelompok Open/Terbuka, karena pecatur putri yang "berani" juga boleh ikut bertanding di kelompok ini)! Pencapaian Novendra itu cukup spektakuler oleh seorang pecatur muda, karena rata-rata yang bertanding di Kejurnas Catur kelompok Open adalah pecatur-pecatur senior kuat yang datang dari seluruh provinsi di Indonesia.
Atas prestasinya itulah yang menjadi salah satu pertimbangan utama PB PERCASI ketika merekomendasikan namanya (bersama pecatur belia lainnya Aditya Bagus Arfan) ke PT United Tractors (group perusahaan Astra) yang meluncurkan program "UT Inspiring Youth", dimana PT United Tractors selama jangka menengah (dua hingga lima tahun mendatang) akan membantu pembiayaan kaum muda Indonesia yang memiliki potensi di bidangnya (bukan hanya di Catur) untuk meraih prestasi puncak. 

Target "akhir" untuk Novendra dan Aditya (yang berasal dari "bidang" Catur) tentunya adalah meraih gelar Grandmaster (GM), dan minimal meningkatkan ELO/FIDE Ratingnya di setiap turnamen/kejuaraan catur Internasional yang mereka ikuti bila disponsori oleh PT United Tractors. Mungkin ada yang bertanya dalam hati: bagaimana kalau mereka berangkat bertanding catur ke luar negeri dengan biaya bukan dari PT United Tractors? Jawabannya: tidak boleh bila mereka bertanding ke luar negeri dibiayai/disponsori oleh perusahaan/instansi lain selama program UT Inspiring Youth masih berlangsung, kecuali yang memberangkatkan mereka adalah PB PERCASI (seperti yang akan terjadi nanti pada Novendra saat bergabung dengan Tim Catur Indonesia untuk Chess Olympiad 2018 di Batumi Georgia di minggu akhir September 2018 hingga minggu pertama Oktober 2018)

Dengan disponsori oleh PT United Tractors yang merupakan salah  satu mitra PB PERCASI, maka Novendra Priasmoro diberangkatkan ke kejuaran catur junior U-20 tingkat Asia "ASIAN JUNIOR OPEN & GIRLS CHESS CHAMPIONSHIP 2018” di Ulan Bator Mongolia yang berlangsung pada tanggal 17 hingga 26 Augustus 2018. Dan hasilnya tidak mengecewakan. FM Novendra Priasmoro berhasil meraih gelar Juara Catur Asia U-20 sekaligus meraih norma gelar GM-nya yang ke-dua! Atas keberhasilannya itu, Indonesia Raya pun berkumandang di Ulan Bator Mongolia.                       


Selamat buat Novendra Priasmoro! Semoga hasil yang baik ini menjadi penyemangat untuk maju bertanding ke tingkat dunia "FIDE World Junior and Girls Under 20 Chess Championship 2018" yang akan berlangsung di Kocaeli-Gebze Turki pada tanggal 04 s/d 16 September 2018. Good luck!
  
Facebook
0 Blogger

Tidak ada komentar:

Posting Komentar