24 Agustus 2018

APRESIASI CATUR INDONESIA 2018

BANYAK Insan Catur Indonesia yang masih bertanya-tanya: ini acara apaan sih?

Acara Apresiasi Catur Indonesia 2018 tercetus pada saat Rapat Pleno PB PERCASI II/2018 (25/06/2018) dimana PB PERCASI merasa perlu memberi penghargaan kepada para atlet Catur Indonesia yang sudah berprestasi di tingkat Internasional, agar mereka lebih termotivasi untuk lebih berprestasi lagi demi Merah-Putih.


 Hanya selang satu malam, esoknya anggota Dewan Pembina PB PERCASI Ir. Eka Putra Wirya mengundang pertemuan di cafenya Hours Coffee & More Kelapa Gading Jakarta, dan menyampaikan gagasan bahwa acara itu lebih “bagus” bila digelar secara kolosal mirip Festival Film Indonesia. Kalau untuk penghargaan kepada artis film bisa diadakan secara “wah”, kenapa untuk penghargaan kepada atlet olahraga – yang sudah andil mengharumkan nama bangsa dan negara – tidak dilaksanakan secara meriah? Memang kendala klasik yang umum adalah dana penyelenggaraan. Tetapi, tampaknya, sesudah mengkalkulasi faedah acara itu, beliau menyatakan bahwa perusahaannya “Ekatama Group” akan menjadi sponsor utama malam penghargaan ini.

Kendala klasik “dana” sudah teratasi, dan PB PERCASI akan mencoba menjadi pelopor diantara PB/PP cabang olahraga (cabor) yang ada di Indonesia untuk menggelar acara penghargaan khusus kepada para atlet Catur Indonesia, dengan tajuk: Apresiasi Catur Indonesia 2018, yang dilangsungkan di Hotel Grand Sahid Jaya Jakarta tanggal 29 Juli 2018. 

Sekarang harus ditentukan kriteria para pemenangnya. Beruntung cabor Catur di tingkat Internasional memiliki banyak format pertandingan (catur standar, catur cepat, catur kilat) dan nomor pertandingan (beregu, perorangan, open, women, kelompok usia), sehingga kriteria pemenang bisa diukur dari bobot dan lingkup turnamen/kejuaraannya. Maka dewan juri yang dibentuk (terdiri dari 5 orang) akan bisa lebih objektif menilai pencapaian prestasi para atlet Catur Indonesia sejak awal kepengurusan PB PERCASI 2017-2021 (Juli 2017) sampai sekarang (Juli 2018). 

Dalam tahap persiapan ketika mengingat kendala klasik "dana", maka tercetus pula rencana untuk sekaligus memberikan penghargaan kepada perusahaan/instansi yang telah membantu pendanaan atau menjadi sponsor PB PERCASI "secara berkesinambungan" selama ini, bukan yang hanya mensponsori satu-dua event/kegiatan saja.

Apresiasi Catur Indonesia 2018 dihadiri oleh Ketua Umum PB PERCASI GM Utut Adianto (yang juga Wakil Ketua DPR RI) dan 2 Menteri Kabinet Kerja yaitu Menteri Pemuda dan Olahraga Iman Nahwari dan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Indonesia Bambang Brodjonegoro.

Dan hasil “Apresiasi Catur Indonesia 2018” ditampilkan pada foto-foto berikut:
ADA 5 instansi/perusahaan yang memperoleh penghargaan pada  malam “Apresiasi Catur Indonesia 2018” sebagai Mitra Catur Indonesia Berkesinambungan, yaitu: 1.EKATAMA Group 2.PT JAPFA Comfeed Indonesia Tbk. 3.Universitas Gunadarma 4.PT TASPEN (Persero) 5.PT United Tractors Tbk.

Penghargaan kepada 5 instansi/perusahaan itu diserahkan oleh Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Indonesia yang juga Dewan Pembina PB PERCASI Bambang Brodjonegoro.

Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi bersiap menyerahkan apresiasi kepada para atlet Catur Indonesia yang telah berprestasi di tingkat Internasional. Dari 31 atlet Catur Indonesia yang masuk nominasi, mulanya terpilih 13 Nominator. Hingga akhirnya tersaring tinggal 9 nama yang memperoleh 5 Plakat Apresiasi Catur Indonesia 2018 untuk 5 kategori, yaitu:
 - Beregu Putra Terbaik diperoleh Tim Gunadarma a/n FM Yoseph Theolifus Taher, IM Muhammad Lutfi Ali, IM Farid Firman Syah, FM Arif Abdul Hafiz untuk pencapaian prestasi sebagai Juara pada ASIAN Universities Chess Championship 2018 di Tagaytay Filipina.
- Beregu Putri Terbaik diperoleh Tim Putri Catur Indonesia a/n IM-WGM Irine Kharisma Sukandar dan WGM Medina Warda Aulia untuk pencapaian prestasi perolehan Medali Perak pada ASIAN Indoor and Martial Art Games 2017 di Ashgabat Turkmenistan.
- Pecatur Terfavorit diperoleh IM Sean Winshand Cuhendi untuk pencapaian prestasi meraih Norma Grandmaster Ke-3 (terakhir) di Novi Sad Serbia 2017.
- Bintang Muda Putra Terbaik diperoleh FM Novendra Priasmoro untuk pencapaian prestasi sebagai Juara pada Bangkok CC Open 2018 di Bangkok Thailand.
- Bintang Muda Putri Terbaik diperoleh Samantha Edithso untuk pencapaian prestasi sebagai Juara Dunia Catur Cepat Putri U-10 pada 2nd FIDE World Cadets Rapid Chess Championship 2018 di Minsk Belarus.
Para peraih penghargaan "Apresiasi Catur Indonesia 2018" foto bersama Ketua Umum PB PERCASI dan dua Menteri Kabinet Kerja saat ini.

Catur – Yes, Indonesia – Jaya! Sampai jumpa di acara berikutnya.

Facebook
0 Blogger

Tidak ada komentar:

Posting Komentar