17 Agustus 2017

INSERTS NEWS: Kejuaraan Catur Cepat Junior (KU 09) Piala Bergilir Purnomo Yusgiantoro

DALAM rangka memperingati hari Kemerdekaan RI yang ke-72, Purnomo Yusgiantoro Center (PYC) menggelar Kejuaraan Catur Cepat Junior Kelompok Umur 9 tahun (KU-9) Ke-2, untuk memperebutkan Piala Bergilir Prof. Purnomo Yusgiantoro, Ir., MSc., MA., PhD. Kegiatan ini berlangsung di Purnomo Yusgiantoro Center (PYC), kawasan Blok A, Jakarta Selatan pada Sabtu (12/8/2017). Kejuaraan ini diikuti oleh 76 pecatur yang berasal dari beberapa daerah seperti DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten, Jawa Tengah, dan satu peserta dari Taiwan (!)

Ketua panitia penyelenggara, Filda Yusgiantoro Ph.D mengatakan bahwa untuk penyelenggaraan kejuaraan catur junior yang ke-dua ini, PYC sengaja meningkatkan kelompok umur KU-7 menjadi KU-9. Menurutnya, hal ini semata karena respon yang positif pada penyelenggaraan catur junior tahun lalu di KU 07. Ia juga menyampaikan acara Kejuaraan Catur Junior Purnomo Yusgiantoro ini akan berlangsung kembali tahun depan. Filda berharap dengan penyelenggaraan kejuaraan catur junior akan muncul bibit pecatur andal Indonesia di masa mendatang. Selain itu, kejuaraan Catur ini adalah salah satu kegiatan sosial rutin yang telah didukung lama oleh salah satu pembina PYC yaitu Ibu Lis Purnomo Yusgiantoro. 

Sementara itu, Prof. Purnomo Yusgiantoro selaku pendiri PYC dan sekaligus inisiator kejuaraan catur ini mengatakan bahwa kegiatan ini terinspirasi oleh hobinya bermain Catur. Purnomo Yusgiantoro bercerita singkat mengenai hobinya main Catur sejak masa kecil bersama teman-temannya sampai suatu ketika pada saat kuliah dihadapkan dengan pilihan untuk main catur secara serius atau fokus ke dunia perkuliahan. Meski pada akhirnya memilih kuliah, Purnomo mengaku bahwa kecintaannya terhadap Catur tidak pernah padam. 

Pada acara pembukaan kejuaraan ini juga hadir Pelaksana Tugas (Plt – karena belum terbit SK Koni Pusat) Wakil Sekretaris Jenderal PB PERCASI Nanang Pujalaksana. Dalam sambutannya, Nanang menyampaikan apresiasi PB PERCASI atas peran serta PYC dalam mengembangkan Catur Indonesia melalui kejuaraan ini. Apa yang dilakukan PYC sejalan dengan visi dan misi PB PERCASI Masa Bakti 2017-2021 untuk mencari dan memfasilitasi para pecatur muda meraih prestasi tinggi baik di level nasional maupun internasional, bahkan menjadi Grand Master (GM) baru untuk Indonesia. Dalam upaya besar itu, PB PERCASI sangat mengharapkan dukungan kuat dari seluruh stakeholders Catur Indonesia baik dari pemerintah, swasta, maupun individual.

Kejuaraan berlangsung dalam 7 babak, dimulai sejak pukul 10.00 dan selesai kurang lebih pukul 17.00 WIB. Peserta dari Jawa Barat tampil dominan dan mewarnai 10 besar pemenang kejuaraan kali ini. Samantha Edithso tampil sebagai juara dan berhak atas piala bergilir Prof. Purnomo Yusgiantoro. Pecatur cilik asal Jawa Barat ini juga mendapat uang tunai dua juta rupiah. Pemenang kedua direbut oleh Riza Raditya Rieko dari DKI Jakarta dan pemenang ketiga direbut oleh Morado Simanjuntak dari Jawa Barat. 

Berikut adalah nama-nama 10 besar pemenang:
1. Samantha Edithso dari Jawa Barat
2. Riza Raditya Rieko dari DKI Jakarta
3. Morado Simanjuntak dari Jawa Barat
4. Miracle Carang Gesang dari Bogor Jawa Barat
5. Frida Nadine Fallencia dari Jawa Barat
6. Patrick Purnama dari Banten
7. Maulana dari DKI Jakarta
8. M.Fachri Hussaini dari Banten
9. Ayesha Hafizah Amara Jahidin dari Jawa Barat
10. Clementia Adeline dari DKI Jakarta.

Facebook
0 Blogger