18 Februari 2017

WOMEN'S WORLD CHESS CHAMPIONSHIP 2017 ROUND 3 GAME 2 and TIE-BREAK

PADA babak ke-3 game ke-1 Women’s World Chess Championship (WWCC) 2017 yang selesai dipertandingkan kemarin (17/2/2017) malam, dari 8 papan atau 16 pecatur wanita yang masih bertahan, hanya 3 papan yang membukukan angka kemenangan 1-0, sementara 5 papan yang lain berakhir draw. Bahkan papan 1 yang ditempati unggulan pertama GM Ju Wenjun dari China, di game ke-1 putaran ke-3 ini berhasil ditahan draw lawannya WGM Olga Girya, 2458, dari Rusia yang ELO ratingnya terpaut 125 poin di bawah Ju Wenjun.

Namun yang menarik adalah pertandingan yang terjadi di papan 3 antara GM Alexandra Kosteniuk dari Rusia yang merupakan unggulan ke-3, berhadapan dengan pecatur wanita kawakan yang telah menjadi legenda hidup GM Pia Cramling dari Swedia. Bagaikan pertandingan antara ibu dan anak. Pia Cramling (ELO 2434) yang merupakan peserta dengan usia paling tua di WWCC 2017 ini (54 tahun) mampu menahan imbang sang mantan Juara Dunia Catur Wanita 2008 itu, seakan dia ingin membuktikan bahwa faktor usia bukanlah kelemahan di cabang olahraga Catur, faktor pengalaman bertanding juga menentukan, sekaligus menangkal penilaian pesimis kebanyakan pengamat bahwa Pia Cramling tampaknya sudah memasuki "usia pikun” paling-paling dia hanya mampu mencapai putaran ke-2 WWCC 2017. Tapi kenyataannya dia sekarang sudah di putaran ke-3 dan mampu menahan imbang Alexandra Kosteniuk yang ELO ratingnya 115 poin di atasnya. 

Langkah si bintang ASEAN, IM Le Thao Nguyen Pham dari Vietnam, tampaknya cukup berat di babak ke-3 game ke-1 di mana dia harus "membentur tembok" berhadapan dengan Juara Dunia Catur Cepat & Catur Kilat Wanita, GM Anna Muzychuk dari Ukraina yang juga merupakan unggulan ke-2 di WWCC 2017 ini, dengan menelan kekalahan 0-1. Berbeda dengan si kuda hitam muda dari China, WGM Ni Shiqun, tampaknya dia tak gentar menghadapi unggulan ke-11 WGM Natalija Pogonina dari Rusia dengan menahan imbang 0,5-0,5 pada game ke-1, sehingga membuat para pengamat menunggu kiprahnya di babak ke-3 game ke-2 yang sedang dipertandingkan sekarang.    

Berikut hasil selengkapnya Round 3 game ke-1:

Hasil lengkap Round 3 game ke-2:
Keterangan: warna jingga muda adalah mereka yang tersingkir dari WWCC 2017, warna biru adalah mereka yang harus menentukan nasibnya pada game tie-break yang berlangsung saat ini (19/2/2017)

LIVE games putaran 3 game tie-break:

PETUNJUK: Untuk melihat pertandingan di papan lainnya klik tombol ">" di bagian atas papan pojok kanan, ada 4 papan yang sedang bertanding di babak ke-3 game tie-break saat ini. Untuk kembali ke papan sebelumnya klik tombol "<" di bagian atas papan pojok kiri.

Facebook
0 Blogger