16 Februari 2017

WOMEN'S WORLD CHESS CHAMPIONSHIP 2017 ROUND 2 TIE-BREAK

MEMASUKI game tie-break putaran ke-2 Women’s World Chess Championship (WWCC) 2017, tujuh pecatur wanita kembali gugur dan sembilan akan ditentukan nasibnya malam ini (16/2/2017). Di antara ketujuh pecatur wanita yang gugur, salah satunya adalah penakluk Irine Kharisma Sukandar, yakni GM Zhu Chen dari Qatar yang di babak ke-2 harus sudah menghadapi unggulan pertama WWCC 2017 GM Ju Wenjun dari China. Meskipun di babak ke-2 game ke-2 semalam (15/2/2017) Zhu Chen berhasil menahan draw, tapi skor akhir ½ -1½ tidak cukup mengantarkannya ke putaran ke-3.

Selain Zhu Chen dan IM Olga Zimina dari Italia, yang mengalami nasib sial di putaran ke-2 menerpa pecatur-pecatur wanita Rusia, lima di antaranya harus mengucapkan selamat tinggal pada WWCC 2017, sementara dua pecatur wanita andalannnya lagi yaitu Alexandra Kosteniuk (unggulan ke-3) dan Natalija Pogonina (unggulan ke-11) terpaksa memasuki game tie-break malam ini.

Yang tidak diduga adalah pecatur muda India IM Padmini Rout yang mampu menahan imbang unggulan ke-8 GM Zhao Xue dari China dan memaksa memasuki game ti-break. Demikian juga seniornya GM Harika Dronavalli (India) yang harus memasuki game tie-break karena ditahan draw pecatur debutan Kazakhstan WGM Dinara Saduakassova.


Juga yang tidak pernah diperhitungkan sebelumnya dan “diam-diam” menyelinap hingga putaran ke-3 WWCC 2017 adalah pecatur putri Vietnam IM Le Thao Nguyen Pham. Harapan kawasan ASEAN untuk mengukur perkembangan catur di kawasan ini, tinggal tertumpu pada dirinya. (ASEAN Chess Confederation tampaknya mendatang akan disatukan dengan kawasan Asia lainnya, salah satu alasannya karena di kawasan ini untuk SEA Games saja cabang catur tidak bisa rutin dipertandingkan)

Keterangan: warna jingga muda adalah mereka yang tersingkir di putaran ke-2 WWCC 2017. Warna biru muda adalah mereka yang memasuki game tie break putaran ke-2 WWCC 2017 berikut:


PETUNJUK: klik tombol "<" di bagian atas papan untuk melihat hasil game sebelumnya, dan tombol ">" untuk melihat game di papan-papan yang lain. Ada 9 papan yang bertanding di putaran ke-2 game tie-break saat ini.

Facebook
0 Blogger