11 Februari 2017

WOMEN’S WORLD CHESS CHAMPIONSHIP 2017 PRE-MATCHES (4/4)

KEJUARAAN DUNIA CATUR WANITA 2017 putaran pertama akan dimulai petang ini 11 Februari 2017 sekitar pukul 18.30 WIB. Pertandingan putaran pertama terdiri dari 2 game catur standar dengan format 90 menit untuk  40 langkah, ditambah 30 menit sampai selesai, dengan increment (bonus) waktu 30 detik di setiap langkahnya. Game pertama dipertandingkan hari ini dan game ke-dua dipertandingkan besok petang. Bila pada dua game catur standar hasilnya draw, maka dilanjutkan dengan game tie-break catur cepat dan catur kilat pada hari ke-tiga, sampai diperoleh pemenangnya.

Bagi satu-satunya pecatur putri Indonesia yang mampu lolos ke Kejuaraan Dunia Catur Wanita selama sejarah PERCASI berdiri, IM-WGM Irine Kharisma Sukandar, ini adalah kejuaraan dunia ke-duanya. Sebelumnya Irene sudah berpartisipasi pada Kejuaraan Dunia Catur Wanita 2015, yang berlangsung di Sochi, Rusia, pada tanggal 16 Maret s/d 7 April 2015. Waktu itu Irene lolos kualifikasi berkat menjadi Juara Asian Continental 2012. Namun saat itu Irene yang unggulan ke-39 tersingkir pada putaran pertama dari pecatur Georgia unggulan ke-26 Salome Melia. Untuk lebih lengkapnya bisa di baca di sini: WOMEN'S WORLD CHESS CHAMPIONSHIP 2015

Perjuangan Irine Kharisma Sukandar untuk mencetak sejarah di percaturan dunia maupun percaturan Indonesia agar bisa lolos hingga ke putaran ke-dua kejuaraan dunia ini tentunya tidaklah mudah, meskipun peluang untuk itu cukup terbuka. Lawannya di putaran pertama adalah unggulan ke-33 GM-WGM Zhu Chen dari Qatar (kelahiran China) yang tidak lain adalah Juara Dunia Catur Wanita 2001-2004. 


Tapi kini Irene bukan yang dulu lagi. Irene sudah semakin stabil dan matang setelah selama hampir tiga tahun dilatih oleh Grandmaster Susan Polgar & Team sambil kuliah pasca-sarjana di Webster University St. Louis AS. Irene kini diunggulkan di urutan ke-32, sementara Zhu Chen di unggulkan di urutan ke-33. 

Keduanya pernah berhadapan di masa lalu, bahkan sebanyak 4 kali di kejuaraan yang berbeda. Dalam empat kali pertemuan itu, skor mereka seri 2-2. Irene kalah pada Asian Games Doha 2006, remis pada Asian Indoor Macau 2007, menang pada Asian Continental Filipina 2009, dan kembali remis pada Asian Indoor Korsel 2013. 

Sambil menunggu hubungan dengan server live games yang tampaknya ada gangguan, berikut kami tampilkan dulu game Irene vs Zhu Chen di masa lalu, khususnya saat Asian Games Doha Qatar 2006 dimana Irene kalah (saat itu usia Irene masih belia 14 tahun) dan saat Irene membalas kekalahannya pada Asian Continental 2009 di Subic Freeport Filipina (tatkala Irene mulai "mekar" remaja 17 tahun).



Facebook
0 Blogger