20 Februari 2017

WOMEN'S WORLD CHESS CHAMPIONSHIP 2017 ROUND 4 QUARTER FINAL

PUTARAN 3 game tie-break Women’s World Chess Championship (WWCC) 2017 telah selesai dipertandingkan semalam (19/2/2017) memaksa 4 pecatur wanita lagi tersingkir dari arena menyusul 4 pecatur wanita lainnya yang sudah gugur duluan di putaran ke-3 pada dua game utama catur standar. Tapi setidaknya 8 pecatur wanita yang sudah gugur di putaran ke-3 tersebut, bisa segera mengurus “uang jajan pulang” masing-masing sebesar 8.000 USD atau sekitar Rp 105 juta. 


Mereka yang gugur duluan di dua game utama catur standar (18/2/2017) adalah IM Le Thao Nguyen Pham si bintang ASEAN dari Vietnam yang “membentur tembok” berhadapan dengan Juara Dunia Catur Cepat dan Catur Kilat Wanita GM Anna Muzychuk dari Ukraina, IM Shen Yang dari China yang ditekuk GM Nana Dzagnidze dari Georgia, IM Nino Khurtsidze dari Georgia dihempaskan pecatur wanita kawakan GM Antoaneta Stefanova dari Bulgaria yang beberapa kali “mampir main catur” di Indonesia, dan yang tak terduga adalah gugurnya runner-up WWCC 2015 WGM Natalija Pogonina dari Rusia yang dikandaskan – lagi-lagi – oleh pecatur debutan baru China WGM Ni Shiqun. 
Di putaran ke-3 game tie-break semalam, 4 papan menyelesaikan pertandingannya hampir bersamaan, yaitu di game tie-break catur cepat ke-2 (atau melalui 6 game bila dihitung dari 2 game utama catur standar) yang menggunakan format waktu pikir bagi setiap pemain adalah 10 menit dengan increment (bonus waktu) 10 detik setiap langkahnya. GM Ju Wenjun dari China yang merupakan unggulan pertama WWCC 2017 ini, ternyata harus melalui game tie-break, dan lawannya WGM Olga Girya dari Rusia yang ELO ratingnya kalah 125 poin dari Ju Wenjun mampu mengimbangi, meskipun akhirnya Olga Girya terpaksa menyerah dengan skor akhir 2½ - 3½. Di papan berikutnya pecatur cantik imut IM Sopiko Guramishvilli dari Georgia, yang juga setidaknya dua kali sempat “mampir main” di Indonesia (pada Indonesia Open 2011 dan Japfa WGM Match 2012), akhirnya juga terpaksa menyerah dari andalan India GM Dronavalli Harika dengan skor akhir 2½ - 3½. Tapi debutan baru India IM Padmini Rout tak seberuntung seniornya, dia harus mengakui keunggulan debutan muda China WGM Tan Zhongyi yang menundukkannya dengan skor akhir 3½ - 2½. Di meja terakhir pertandingan yang mirip pertandingan antara “ibu dan anak”, pecatur wanita kawakan GM Pia Cramling dari Swedia akhirnya harus menerima bahwa faktor umur tidak memungkinkannya bertanding dalam format catur cepat dengan waktu pikir yang paling singkat, game terakhir menunjukkan bahwa dia kalah karena “tidak kelihatan” atau "kelupaan" kalau bentengnya yang dijaga kuda tengah diancam menteri lawannya GM Alexandra Kosteniuk dari Rusia, malah dia memindahkan kudanya sehingga bentengnya diterkam cuma-cuma! Pia Cramling menyerah dari Alexandra Kosteniuk dengan skor akhir 2-4.

Hasil akhir lengkap putaran ke-3:
Keterangan: Warna jingga muda mereka yang gugur di dua game catur standar, warna jingga tua mereka yang gugur di game tie-break.

Berikut pairing (penentuan lawan) putaran ke-4 atau perempat final:


LIVE games round 4 / quarter final:
PETUNJUK: untuk melihat pertandingan di papan lainnya klik tombol ">" di bagian atas papan pojok kanan, untuk kembali ke papan sebelumnya klik tombol "<" di bagian atas papan pojok kiri. Demikian juga untuk melihat live game ke-dua besok putaran ke-4 (21/2/2017) yang dimulai sekitar pukul 18.45 WIB, tinggal klik tombol ">" di bagian atas papan pojok kanan untuk melihat live gamenya. 

Facebook
0 Blogger