04 Desember 2016

KEJURNAS CATUR JUNIOR IV 2016 – PARA JUARA

KEJURNAS Catur Junior IV/2016 yang dibuka secara resmi pada hari Minggu 27 November 2016 sekitar pukul 19.30 WIB oleh Plt. Ketua Umum PB PERCASI GM Utut Adianto didampingi perwakilan dari KONI Pusat Ari Wangsa dan perwakilan dari KOI Hari Warganegara beserta perwakilan dari Pengurus Provinsi PERCASI peserta, telah berakhir pada hari Jumat 2 Desember 2016 dan ditutup secara resmi sekitar pukul 15.30 WIB oleh Ketua Panitia Henry Hendratno mewakili Plt. Ketua Umum PB PERCASI.


Pertandingan yang menggunakan sistem Swiss 9 babak dengan format Catur Standar 90 menit plus increment 30 detik setiap langkah, yang diikuti oleh 456 peserta yang berasal dari 26 provinsi se Indonesia, berlangsung lancar tanpa adanya protes terhadap keputusan wasit.  

Berikut nama-nama para juara di 14 kelompok yang dipertandingkan (dimulai dari kelompok yang termuda usia 7 tahun) yang sesuai komitmen PB PERCASI bahwa para juara pertama di setiap kelompok akan diberangkatkan ke turnamen catur Internasional di luar negeri pada tahun 2017. Guna persiapan, diharapkan para juara pertama di setiap kelompok untuk segera mengurus paspor masing-masing (bagi yang belum memiliki paspor) atau memeriksa masa berlaku paspor masing-masing minimal berakhir 6 bulan terhitung dari tanggal keberangkatan (bagi yang sudah memiliki paspor) – diperkirakan turnamen Internasional resmi FIDE di luar negeri akan berlangsung sekitar bulan Maret 2017 dst. Untuk persiapan-persiapan lain yang lebih mendetail, tidak ada salahnya dilihat lagi di sini: PERSYARATAN dan KELENGKAPAN TRY OUT KE TURNAMEN CATUR DI LUAR NEGERI   

(Kami menerima komentar melalui email: [email protected], dan ada yang menanyakan siapakah wanita cantik yang membagikan medali pada kelompok Junior Putri G (U-07)? Bila mengamati jas seragamnya, apakah dia juga pengurus PERCASI? Tolong dicatat ya bagi yang menanyakannya, biar tidak penasaran: nama wanita cantik tersebut Urry Kartopati, dan merupakan salah satu pengurus di PB PERCASI dengan jabatan Ketua Bidang Humas PB PERCASI. Pada foto-foto berikut dia juga tampil lagi, mudah-mudahan yang "naksir" tidak penasaran lagi...)  
Yang agak membuat "kaget" adalah nama peraih medali perak kelompok Junior F (U-09) putra, komisi pairing Kejurnas Catur Junior IV/2016 sampai beberapa kali menanyakannya apakah tidak terjadi kesalahan nama...?





Peraih medali perak kelompok Junior Putri B (U-17) Samantha Edithso dari Jawa Barat, menghadirkan kejutan sekaligus kekaguman. Pecatur berusia 10 tahun itu ikut bertanding di kelompok usia 7 tahun di atasnya dan berhasil merebut medali perak..! (Ralat berdasarkan komentar di bagian bawah artikel ini: Samantha Edithso baru berusia 8 tahun 9 bulan - bukan 10 tahun!) Semula banyak yang mengira, mungkin fisik Samantha memang kecil tapi usianya sudah remaja.. tapi ternyata memang usianya juga masih muda sesuai fisiknya.. Semoga dia merupakan cikal-bakal "Hou Yifan" dari Indonesia..!


Dari jumlah perolehan medali emas, Pengprov PERCASI DKI Jakarta bersaing ketat dengan Pengprov PERCASI Jawa Barat (masing-masing meraih 4 medali emas). Yang membedakannya adalah perolehan medali perak, PERCASI DKI Jakarta unggul 3 medali perak hingga mengantarkannya tampil sebagai Juara Umum Kejurnas Catur Junior IV/2016 dan membawa pulang Piala Juara Umum serta uang pembinaan sebesar Rp 12,5 juta.


Selamat & sukses bagi para juara! Bagi yang belum "beruntung" menjadi juara, jangan berkecil hati, giatlah berlatih terus... roda juara akan terus berputar... kegagalan kali ini merupakan sukses yang masih tertunda... Sampai jumpa di Kejurnas Catur Ke-46 Tahun 2017 yang akan dilaksanakan lagi oleh PB PERCASI sebagai tuan rumah. Gens Una Sumus. 




Facebook
0 Blogger

Tidak ada komentar:

Posting Komentar