12 November 2016

WORLD CHESS CHAMPIONSHIP 2016 START - ROUND 1

KEJUARAAN CATUR PERORANGAN level tertinggi di dunia - World Chess Championship 2016 - telah mulai dipertandingkan dini hari tadi 12 November 2016 pukul 02.00 WIB di New York City USA, dengan hasilnya draw sekitar pukul 06.00 WIB.


Juara bertahan Magnus Carlsen yang memegang buah putih di babak ke-1 hasil pengundian sebelumnya di acara pembukaan, cukup mengejutkan Sergey Karjakin sang penantang dari Rusia, ketika dengan cepat memilih pembukaan Trompowsky Attack (Serangan Trompowsky). Meskipun pembukaan tersebut “terdengar berbahaya”, tapi tidak akan terlalu menimbulkan kesulitan besar bagi pemegang buah hitam bila menghadapinya dengan tenang seperti yang telah ditunjukkan oleh Sergey Karjakin.

Carlsen bermain cepat selama tahap pembukaan, menunjukkan bahwa ia telah menyiapkan Serangan Trompowsky untuk pertandingan ini, sementara Karjakin menghabiskan lebih banyak waktu menjalankan langkah-langkahnya dengan hati-hati di pertandingan pertama Kejuaraan Dunia-nya. Melalui beberapa manuver yang tepat, Karjakin menghindari masalah dengan memaksa pertukaran-pertukaran buah yang sulit ditolak oleh Carlsen.


Carlsen yang memiliki struktur pion/bidak sedikit lebih baik, terus mencoba menekan seperti yang dilakukannya selama ini yang telah membuatnya terkenal dan mengantarkannya sukses menjadi Juara Dunia Catur. Dia mungkin ingin menguji persipan Karjakin dengan mencoba melakukan tekanan psikologis pada langkah-langkah yang dijalankannya cukup cepat. Tapi Karjakin terkenal sebagai pemain yang sabar dan defensif sehingga ia tidak mengalami kesulitan di babak pertama tersebut.

Pertandingan babak ke-1 berlangsung sekitar empat jam dan disepakati draw/remis di langkah ke-42. Berikut ini gamenya, yang juga bisa Anda temukan siaran langsungnya di tab atas: Live Games World Chess Championship 2016 sampai tanggal 29 November 2016 (final babak ke-12), bila terjadi babak tie-break maka berakhir sampai tanggal 1 Desember 2016.


Pada konferensi pers sesudah pertandingan, baik Carlsen maupun Karjakin sepakat bahwa Carlsen sebenarnya memiliki peluang untuk menang, hanya karena Carlsen di langkah ke-27 menjalankan bidak f2-f4, memungkinkan Karjakin menutup peluang Carlsen untuk menembus di sayap raja dengan melangkahkan bidak h6 ke h5 (pada papan catur di atas, notasi langkah yang dijalankan bisa dicatat/dilihat di bagian bawah papan)

Jadwal pertandingan World Chess Championship 2016 tampaknya sengaja tidak diumumkan secara detil jam-jamnya (hanya sebatas tanggalnya saja) bisa jadi ini "trik" panitia penyelenggara agar perhatian seluruh pencinta catur di dunia terfokus pada kejuaraan ini.

Babak ke-2 akan dipertandingkan dini hari nanti Minggu 13 November 2016 dimulai pukul 02.00 WIB. Karjakin akan memegang buah putih. Untuk 12 babak utama yang akan dipertandingkan, telah disiapkan jumlah hadiah sedikitnya 1 juta EURO (atau sekitar Rp 15 milyar)! Sang Juara akan memperoleh Rp 9 milyar dan "runner up" (memperhalus istilah "Sang Pecundang") akan memperoleh Rp 6 milyar. Bila pertandingan diselesaikan melalui babak tie-break, Sang Juara menerima Rp 8, 250 milyar dan runner up menerima Rp 6,750 milyar. Jadi yang menang maupun yang kalah sama-sama pulang membawa jumlah uang yang sangat banyak... Hadiah tersebut telah disiapkan oleh Federasi Catur Internasional (FIDE) bersama panitia penyelenggara Agon Limited. 

Mudah-mudahan suatu hari nanti ada Pecatur Indonesia yang bisa maju ke babak kualifikasi Kejuaraan Dunia Catur (baik putra maupun putri) sampai putaran perempat final saja tidak usah putaran final.. maka Catur di Indonesia pasti akan bisa dijadikan salah satu alternatif profesi untuk menunjang hidup... Semoga!  

Facebook
0 Blogger

Tidak ada komentar:

Posting Komentar