20 November 2016

WORLD CHESS CHAMPIONSHIP 2016 - ROUND 6

KERAJAAN draw berlanjut. Setengah jalan pertandingan World Chess Championship 2016 telah berlalu, dengan Juara Dunia maupun penantangnya telah menunjukkan bahwa keduanya tidak mampu menang ataupun terjerumus kalah dari lawannya. Apakah pertandingan Kejuaraan Dunia Catur Perorangan 2016 menjadi membosankan? Tergantung dari sisi mana Anda melihatnya, dan ada baiknya nanti kita tanyakan pada beberapa grandmaster yang mengikuti seluruh pertandingan dari awal.

Tidak seperti pertandingan babak-babak sebelumnya, game ke-6 berlangsung pendek dan relatif kurang tegang, namun masih cukup menarik untuk diikuti. Karjakin giliran memegang buah putih dan seperti di game ke-2 dan ke-4, ia membuka dengan 1 e4. Carlsen menjawab seperti pada dua pertandingan sebelumnya yang mengarah ke pembukaan Ruy Lopez Klasik atau Pembukaan Spanyol. Setelah Carlsen rokade di langkah ke-7, Karjakin menjalankan 8 h3 menghindari jalur umum 8 c3 yang mengarah ke Gambit Marshall. 
Carlsen memilih mengorbankan pion/bidaknya di petak e5 dengan memajukan bidak penunjang  d6 ke d5 (9 ... d5) dengan kompensasi ia akan bisa menukar gajah petak putih milik Karjakin yang potensial mengincar dari sayap menteri. Pada titik ini, pertandingan tampak menuju arah yang menarik dan kemungkinan hasil yang menentukan akan meningkat setelah urutan langkah agresif Carlsen15... f6 dan 16... f5. 

Namun langkah ke-22 Karjakin dengan c3 (22 c3) memulai serangkaian pertukaran paksa, dan setelah benteng-benteng habis dipertukarkan, di atas papan tersisa menteri dan gajah yang berlainan warna dengan struktur bidak yang sama-sama melemah, membuat kemungkinan menang untuk salah satu pihak menjadi kecil. Benar saja, setelah langkah ke-32 keduanya sepakat draw dengan penggunaan waktu yang paling singkat dibandingkan game-game sebelumnya: hanya 1 jam. 


Pada konferensi pers sesudahnya, kedua pemain tampak berada dalam suasana hati yang baik, berbeda dengan hari sebelumnya ketika Carlsen cukup kesal dengan dirinya sendiri. Menariknya, Carlsen yang pada dua hari sebelumnya telah mengatakan bahwa ia lebih suka untuk terus bermain tanpa hari libur, tampaknya menyambut hari libur yang tepat di akhir pekan waktu New York. Ia mengatakan: "Saya merasa bahwa hari ini bukanlah hari dimana saya harus melakukan hal-hal yang besar." 

Meskipun serangkaian enam kali draw di paruh pertama Kejuaraan Dunia Catur Perorangan tidak pernah terjadi sebelumnya, banyak pencinta dan pengamat catur masih memfavoritkan Carlsen akan memenangkan pertandingan di paruh ke-dua yang akan dimulai pada babak ke-7. Pada dua Kejuaraan Dunia Catur Perorangan sebelumnya ketika Carlsen duel dengan Viswanathan Anand dari India, hingga selesainya paruh pertama pertandingan Carlsen telah memenangkan dua game. Mungkin kejutan World Chess Championship 2016 ini adalah justru Carlsen “belum mampu” memetik kemenangan dari sang penantang Sergey Karjakin.

Sejumlah Grandmaster di antaranya Alexander Grischuk dari Rusia ketika ditanya oleh majalah Sport Express setelah pertandingan, apakah ia memiliki kesan bahwa Magnus Carlsen saat ini berada di bawah performa terbaiknya? 

Grischuk menjawab: “Mungkin iya, tapi Sergey pasti juga tidak dalam performa terbaiknya. Ini sangat sulit untuk menjadikan hasil pertandingan ke pengukuran performa terbaik seorang pecatur secara umum. Bila Anda memenangkan sembilan dari sepuluh game, mungkin Anda dikatakan berada dalam performa terbaik Anda sementara lawan Anda sebaliknya. Tapi bila yang terjadi adalah sama kuat atau draw, bukan berarti Anda tidak berada dalam performa terbaik demikian pula lawan Anda. Justru disinilah menariknya Kejuaran Dunia Catur kali ini, karena sangat jarang terjadi.”

Wartawan: Tapi bukankah Anda harus berada dalam performa terbaik Anda jika menghadapi sebuah pertandingan Kejuaraan Dunia?

Grischuk: Tentu saja, semua orang pasti akan berusaha masuk ke kondisi terbaik mereka, tapi sekali lagi, itu bisa saja tidak terjadi. Saya hanya bisa mengatakan, mereka hanya belum memiliki satu, katakanlah, belum menemukan satu jurus dari permainan kuno catur yang bisa dijadikan senjata pamungkas. Sudah sangat rumit di era analisa menggunakan komputer seperti sekarang ini, untuk melakukan manuver perjuangan saja sudah sangat sulit.

Wartawan: Apakah itu sebabnya banyak yang menyebut pertandingan menjadi membosankan?

Grischuk: Itu relatif. Memang benar bahwa sejauh ini saya belum melihat apa-apa yang benar-benar baru dalam pertandingan ini. Jika Anda menanyakannya pada setiap individu yang berbeda, saya yakin jawabannya pun akan berbeda. Kalau saya memang setuju, bahwa pertandingan sudah agak membosankan untuk ditonton, tapi dari sudut pandang saya yang utama adalah bahwa pertandingan ini merupakan sebuah perjuangan. Biarkan mereka membuat sepuluh langkah menarik di setiap pertandingan, meskipun hasil akhirnya draw, namun skor akan tetap meningkat – dan itu lah yang menjadi menarik bagi saya. Lebih baik seperti sekarang ini, daripada jika salah satu pihak memiliki permainan brilian sementara di pihak yang lain bermain sebaliknya, mungkin sudah tidak perlu dibutuhkan lagi pertandingan-pertandingan berikutnya. Hal yang paling memikat sekarang justru perjuangan setiap pihak untuk memenangkan pertandingan!

Wartawan: Apakah setiap draw di pertandingan akan menguntungkan Karjakin?

Grischuk: Tentu saja. Setelah semua game, pada saat dimulainya kejuaraan ini Carlsen jelas-jelas difavoritkan. Tapi sekarang, semakin sedikit game yang akan dipertandingkan, semakin berkurang yang memfavoritkan Carlsen. Di sisi lain, pada game ke- 6 adalah yang pertama dari dua kali berturut-turut Sergey giliran memegang buah putih, dan pada game ke-5 telah cukup membuat traumatis bagi Magnus ketika Sergey memegang buah hitam... meskipun efeknya tampaknya telah memudar cepat dari diri Carlsen. 


Nigel Short @nigelshortchess juga bercuit melalui akun twitternya: 
Saya akan bertaruh rumah saya dan menjual anak-anak saya menjadi budak jika pertandingan nanti tidak imbang. Sampai jumpa pada hari Minggu! #CarlsenKarjakin (Mudah-mudahan keturunan Nigel bisa segera bernapas lega). Nigel masih melanjutkan cuitannya: Jangan mengeluh. Pertandingan K-K pertama adalah yang paling membosankan selama berbulan-bulan. #CarlsenKarjakin lebih baik. (Yang dimaksud Nigel dengan inisial K-K kemungkinan besar adalah duel perebutan gelar Juara Dunia antara Karpov vs Kasparov yang akhirnya dimenangkan oleh Garry Kasparov)

Europe-Echecs @EuropeEchecs mengomentari game ke-6 dengan sinis:
Sergey Karjakin - Magnus Carlsen, draw 32 langkah, tidak ada ketegangan, tidak ada sejarah, tidak ada hal apapun ... #CarlsenKarjakin

Menghadapi babak ke-7 yang akan dipertandingkan dini hari nanti Senin 21 November 2016 mulai pukul 02.00 WIB, Sergey mencatat persiapan Magnus tidak bisa diremehkan: “Seperti yang saya katakan sebelumnya, Magnus sangat baik di pembukaan maupun pertahanan apa pun. Pada dasarnya saya punya perasaan bahwa pertandingan akan berlangsung menarik, dan mudah-mudahan saya bisa merasa bahagia seperti kemarin (di game ke-5).
Karjakin akan giliran memegang buah putih lagi di game ke-7 yang merupakan paruh ke-dua dari keseluruhan 12 game yang akan dipertandingkan. Berdasarkan peraturan pertandingan: warna hasil undian pada game ke-1 akan bertukar berlawanan warna pada game ke-7 (pada game ke-1 berdasarkan pengundian Carlsen memegang buah putih, di babak ke-7 ia harus memegang buah hitam). Bila sampai 12 game hasilnya tetap draw tanpa ada salah satu pemain yang mencetak poin 6,5 - maka akan dilanjutkan dengan game tie-break sesudah babak ke-12. 

Skor sementara sampai berakhirnya 6 babak paruh pertama adalah 3-3:

Facebook
0 Blogger