02 September 2016

42nd CHESS OLYMPIAD 2016 BAKU AZERBAIJAN OPENING CEREMONY

OLIMPIADE CATUR Ke-42 dibuka dengan upacara khidmat tapi sangat menghibur semalam 1 September 2016 pukul 19.00 waktu setempat atau pukul 22.00 WIB, yang diselenggarakan di Baku National Gymnastics Arena dan dihadiri langsung oleh Presiden Republik Azerbaijan Ilham Aliyev, istrinya Mehriban Aliyeva, Presiden Federasi Catur Dunia ( FIDE) Kirsan Ilyumzhinov, Ketua Panitia Olimpiade Catur Baku yang juga Wakil Perdana Menteri pertama Azerbaijan Yaqub Eyyubov serta pejabat teras pemerintah lainnya. Tak ketinggalan para pemain, kapten tim, officials dan delegasi dari sekitar 180 federasi catur di dunia – termasuk Indonesia – berpartisipasi mengisi “Gedung Nasional Arena Senam” untuk menikmati malam yang indah.

Setelah lagu kebangsaan Republik Azerbaijan dan FIDE, video pengembangan olahraga termasuk catur di Azerbaijan diputar. Ketua Panitia Yaqub Eyyubov menyampaikan terima kasih atas kontribusi yang besar dari Presiden Azerbaijan Ilham Aliyev untuk keberhasilan olahraga di negara tuan rumah, sebelum menunjukkan upaya besar untuk menyiapkan penyelenggaraan Olimpiade Catur. Ketua Panitia Yaqub Eyyubov juga menyatakan bahwa panitia telah siap untuk mengorganisir Olimpiade Catur Ke-42 dengan baik dan menyenangkan, serta berjanji ini akan menjadi salah satu event yang paling mengesankan dalam sejarah catur dunia.

Dalam sambutannya, Presiden FIDE Kirsan Ilyumzhinov mengucapkan selamat datang kepada semua peserta Olimpiade Catur 2016, dan mengatakan bahwa 42nd Chess Olympiad 2016 telah memecahkan rekor jumlah peserta, yang diikuti oleh 181 tim di kelompok Open dan 142 di kelompok Women. Presiden FIDE juga memuji persiapan besar yang telah dilakukan oleh Panitia dan menyatakan keyakinannya bahwa penyelenggaraan Olimpiade Catur di Baku Azerbaijan tahun 2016 ini akan berlangsung dengan sukses, sebelum menutup dengan motto FIDE "Gens Una sumus" (Kita Satu Keluarga). Presiden Republik Azerbaijan Ilham Aliyev kemudian membuka secara resmi 42nd Chess Olympiad 2016 Baku Azerbaijan. 

Ketika giliran Merah-Putih tampil sebagai salah satu negara peserta Olimpiade Catur Ke-42/2016 di antara 180 negara peserta lainnya. 

Mantan Juara Dunia Catur Vladimir Kramnik dari Rusia dan Juara Dunia Catur Wanita saat ini Hou Yifan dari Cina bersama Wasit Ketua Faik Gasanov tampil di atas  panggung untuk pengundian warna sebagai tim putra-putri dengan rata-rata rating pemainnya tertinggi di antara semua tim peserta. Kramnik “kurang beruntung” dengan mengambil potongan gambar “hitam” untuk timnya di babak pertama, sementara Hou Yifan menarik gambar “ putih”. 

Sebelumnya Timnas Catur Indonesia Putra-Putri telah tiba dengan selamat di Baku Azerbaijan pada tanggal 1 September 2016 sekitar pukul 14.00 WIB, meskipun salah seorang pemain andalan di timnas Catur Indonesia putra yakni GM Utut Adianto terpaksa menunda keberangkatannya beberapa hari karena kesibukannya yang tidak bisa ditinggalkan di DPR RI.
Semoga tercapai target peningkatan peringkat Catur Indonesia Putra-Putri di percaturan Dunia. Salam Satu Keluarga.

Facebook
0 Blogger