07 Juli 2016

RAMADHAN CUP VIII 2016 : Tantangan Untuk Menjadi Juara

PERCASI Ramadhan Cup VIII/2016 dibuka secara resmi oleh Wakil Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Muddai Madang tanggal 25 Juni 2016 sekitar pukul 14.00 WIB di Grand Ballroom Sekolah Catur Utut Adianto Bekasi. Dalam sambutan pembukaannya, mantan Wakil Ketua Umum PB PERCASI 2005-2009 itu antara lain mengatakan bahwa harus segera ditemukan bibit-bibit baru pecatur muda Indonesia untuk dibina agar mampu bersaing di tingkat internasional, karena relatif lebih mudah menemukan bibit-bibit baru di cabang olahraga (cabor) Catur dibanding cabor lainnya, sebab Catur dimainkan oleh hampir seluruh lapisan masyarakat bahkan pada saat menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan.
Selain Wakil Ketua Umum KOI, Wakil Ketua Umum PB PERCASI yang juga anggota Komisi X DPR RI, Grandmaster Utut Adianto, memberikan sambutan dan “mengiming-imingi” sekaligus “menantang” para peserta Ramadhan Cup 2016 bila berhasil menjadi Juara (pertama) kelompok Open akan diberi tambahan hadiah atau bonus berupa 1 (satu) unit sepeda motor Honda Vario! Dengan catatan: “tantangan” ini tidak berlaku untuk GM Susanto Megaranto. “Karena Susanto duitnya sudah banyak, apalagi di Eurasian Blitz dia juga dapat hadiah lumayan banyak,” kata GM Utut Adianto mengemukakan alasan bonus tersebut tidak berlaku untuk Grandmaster termuda yang dimiliki Indonesia saat ini Susanto Megaranto. (Catatan redaksi: Di turnamen catur kilat internasional “Eurasian Blitz Chess Cup of the President of Kazakhstan” yang berlangsung tanggal 17 s/d 20 Juni 2016 di Ritz Carlton Hotel Almaty Kazakhstan, Susanto Megaranto mendapat undangan bertanding mewakili Indonesia dan tidak terduga dia berhasil menempati peringkat ke-8 pada klasemen akhir dari 102 pecatur top dunia yang ikut bertanding. Susanto berhak membawa pulang hadiah uang tunai sebesar 2.000 USD atau sekitar Rp 27 juta)

Meskipun total hadiah turnamen catur cepat 25 menitan tanpa bonus waktu “PERCASI Ramadhan Cup VIII/2016” tidak sebesar tahun 2015 lalu ketika disponsori oleh PT So Good Food (anak perusahaan PT JAPFA Comfeed Indonesia Tbk), tetapi pesertanya tetap antusias. Tercatat diikuti oleh 210 peserta yang terdiri dari 62 pecatur junior dan 148 pecatur senior (2 pecatur berasal dari luar negeri, yaitu Ishbaev Avazbek dari Uzbekistan dan Tze How Dalwen Ding dari Malaysia). Semua Grandmaster “tersisa” yang dimiliki Indonesia juga ikut berpartisipasi: GM Ardiansyah, GM Cerdas Barus, dan GM Susanto Megaranto, kecuali GM Utut Adianto yang kini sibuk di perCaturan Politik Indonesia, serta Woman Grandmaster (WGM) Medina Warda Aulia. Juga tercatat 5 peserta bergelar International Master (IM), 9 peserta bergelar Fide Master (FM), 4 peserta bergelar Woman FIDE Master (WFM) dan puluhan peserta lainnya merupakan Master Nasional (MN) dan Master Percasi (MP).

(Junior U15-U18 Terbaik diraih oleh FM Azarya Jodi Setyaki, disusul oleh WFM Ummi Fisabilillah dan Novendra Priasmoro. Junior Di bawah U-14 Terbaik diraih oleh Gilbert Elroy Tarigan, disusul oleh Yeremia Gerry dan FM Kemas Ade Krisna)

Menggunakan sistem pertandingan Swiss 9 babak, turnamen catur cepat Ramadhan Cup VIII/2016 berakhir tanggal 26 Juni 2016 pukul 16.00 WIB. Nyaris dua pecatur berhasil meraih bonus sepeda motor yang dijanjikan oleh GM Utut Adianto, yakni GM Cerdas Barus dan pecatur junior debutan baru Yoseph Taher, sayangnya Victory Point (VP) 8 yang mereka kumpulkan sama dengan VP yang dicapai oleh GM Susanto Megaranto, dan pada perhitungan nilai Bucholz/Solkoff dan nilai Sonneborn Berger (SB) keduanya di bawah GM Susanto Megaranto, sehingga Juara (pertama) diraih oleh GM Susanto Megaranto, peringkat 2 dicapai oleh GM Cerdas Barus dan peringkat 3 diraih oleh Yoseph Taher. Hasil akhir keseluruhan bisa dilihat di sini: Klasemen Akhir PERCASI Ramadhan Cup VIII/2016
Konsekuen dengan janjinya, pada sambutan sebelum menutup secara resmi PERCASI Ramadhan Cup 2016, GM Utut Adianto mengatakan bahwa bonus sepeda motor akan tetap dia berikan pada turnamen catur kilat “Christmas Cup 2016” yang mudah-mudahan “Insya Allah” akan dilaksanakan pada bulan Desember tahun 2016 ini menjelang Hari Natal.  

(Atas: Ketua Bidang Pembinaaan Prestasi PB PERCASI Kristianus Liem menyerahkan hadiah kepada peringkat 4 s/d 10 PERCASI Ramadhan Cup VIII/2016. Kiri bawah: Manajer SCUA Djoni Oentoro menyerahkan hadiah kepada peringkat 11 s/d 20 PERCASI Ramadhan Cup VIII/2016. Kanan bawah: Wasit Ketua Eddy Yudiana menyerahkan hadiah kepada peringkat 21 s/d 30 PERCASI Ramadhan Cup VIII/2016)  

Pada kesempatan ini juga, Ketua Umum dan Seluruh Pengurus Besar PERCASI mengucapkan "Selamat Hari Raya Idul Fitri 1437 H, Mohon Maaf Lahir Dan Batin Bila Ada Salah Dan Khilaf Selama Ini"

Facebook
0 Blogger

Tidak ada komentar:

Posting Komentar