02 April 2016

PENGGUSURAN SEKRETARIAT PB/PP INDUK CABANG OLAHRAGA DARI GELORA BUNG KARNO SENAYAN JAKARTA

Deadline 1 April 2016 Seluruh Ruangan di Lingkar Gelora Bung Karno (GBK) Senayan Jakarta Harus Sudah Dikosongkan.

DALAM persiapan venue menghadapi multi event ASIAN GAMES XVIII/2018 dimana Indonesia telah menyatakan siap menjadi tuan rumah, maka Pemerintah berencana merenovasi Gelora Bung Karno (GBK) Senayan Jakarta yang dijadwalkan mulai bulan Juli 2016. Pihak Pengelola GBK yang berada di bawah Kementerian Sekretariat Negara (SETNEG) telah melayangkan surat pemberitahuan ‘mendadak’ tertanggal 14 Maret 2016 ke seluruh pengguna ruangan di lingkar GBK (terbanyak pengguna ruangan di lingkar GBK adalah Pengurus Besar / Pengurus Pusat Induk Cabang Olahraga yang menggunakannya untuk kantor/sekretariat - seperti terlampir pada foto di bawah ini) yang berisi pemberitahuan bahwa tanggal 1 April 2016 seluruh ruangan di lingkar GBK sudah harus dikosongkan!

Pemberitahuan sepihak dan mendadak tersebut spontan mengundang reaksi negatif (kaget, kesal bahkan marah) dari seluruh Induk Organisasi Cabang Olahraga yang berkantor di Lingkar GBK, seolah-olah PB/PP Induk Organisasi Olahraga adalah Pedagang Kaki Lima yang 'menduduki' lahan pemerintah, terlebih ketika pihak Pengelola GBK tidak memberi alternatif pilihan bahkan tidak ada informasi apa pun dan tidak mau tahu kantor/sekretariat PB/PP mau pindah atau dipindahkan kemana.  

Ketika tepat hingga deadline 1 April 2016 tidak ada informasi apa pun dari Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat mengenai relokasi, maka sebagian PB/PP dengan sangat terpaksa dan kecewa mengangkuti barang-barangnya untuk pindah entah kemana, dan sebagian kecil PB/PP memilih “mbalelo” dengan tidak bergeming (mungkin sengaja menunggu sampai diusir).

Di kejadian muram ini mengesankan bahwa Pemerintahan sekarang bermuka dua, di satu muka seolah-olah bersemangat memajukan bidang olahraga, di muka yang lain bersungut-sungut memikirkan sarana-prasarana dan biaya yang harus disediakan untuk bidang olahraga. Mudah-mudahan bukan Pemerintahan dasa-muka saja... Juga menampakkan minimnya koordinasi antara Kementerian Pemuda Dan Olahraga, KONI Pusat dengan Kementerian Sekretariat Negara, pada kejadian ini khususnya koordinasi untuk penyiapan lahan/tempat relokasi.

Pengurus Besar Persatuan Catur Seluruh Indonesia (PB PERCASI) termasuk kelompok PB/PP Induk Organisasi Olahraga yang patuh pada pemberitahuan sewenang-wenang dari pihak Pengelola GBK, dan telah mengosongkan ruangan sekretariatnya yang telah dihuni belasan bahkan puluhan tahun di Pintu VI Gelora Bung Karno Senayan Jakarta tepat pada tanggal 1 April 2016... Banyak kisah suka dan duka, prestasi maupun tragedi di cabang olahraga Catur Indonesia yang bermula dari tempat ini... 

Maka pada kesempatan ini juga diberitahukan kepada seluruh Pengurus Provinsi (Pengprov) PERCASI se Indonesia bahwa untuk urusan surat menyurat yang mendesak sebaiknya dikirimkan melalui e-mail ke: [email protected] (atau: [email protected]

Pada Musyawarah Nasional (MUNAS) PERCASI dan Rapat Kerja Nasional (RAKERNAS) PERCASI yang lalu-lalu telah dihimbau agar seluruh Pengprov PERCASI se Indonesia memiliki alamat e-mail resmi masing-masing, mumpung membuat alamat e-mail baru masih gratis sampai saat ini (siapa tahu suatu saat nanti dikenakan biaya), dan pada kejadian mendadak dan tak terduga semacam ini semakin menunjukkan kegunaan sebuah alamat e-mail: alamat fisik bisa digusur atau berpindah-pindah sedangkan alamat e-mail tidak akan digusur atau berpindah-pindah, yang penting jangan sampai lupa passwordnya.

Gens Una Sumus. 

Keterangan foto: Para Staf Sekretariat PB PERCASI di bawah papan-nama PB PERCASI yang sudah dilepas di Pintu VI Gelora Bung Karno Senayan Jakarta. Dari kiri ke kanan: Iwan Nursiwan - Staf Bidang Umum, Bambang Dwiatma - Staf Bidang Transportasi dan Peralatan/Perlengkapan, Veronica Sari - Staf Bidang Administrasi (Hp: 0812-8831-0817), Sarwoko Soekarno - Staf Bidang Humas/Wartawan.  


Facebook
0 Blogger