16 Maret 2015

WOMEN'S WORLD CHESS CHAMPIONSHIP 2015



SEJARAH Catur Indonesia di bagian putri sedang ditorehkan oleh IM WGM Irine Kharisma Sukandar. Seberapa tinggi ia bisa menancapkan tonggak sejarah tersebut, belum ada yang tahu. Irene baru akan mulai melukisnya pada Selasa 17 Maret 2015 di kota wisata Sochi, Rusia mulai pukul 03.00 sore waktu setempat (atau sekitar pukul 19.00 WIB).

Pembukaan dilaksanakan hari ini 16 Maret pukul 20.00 waktu Sochi (atau pukul 24.00 WIB) bertempat di Okhotnichij Hall di dalam hotel resmi panitia Grand Hotel Polyana (Krasnaya Polyana, Estosadok, Achipsinskaya street, 16B). Saat itu juga akan dilaksanakan undian penentuan pemegang warna buah catur di partai pertama ronde pertama.

Dalam sebagian sambutan tertulisnya, Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan: "Negara kami bangga dengan tradisi catur dan memiliki banyak pengalaman dalam mengorganisir kompetisi bergengsi seperti ini. Tentu saja kami akan melakukan segala sesuatu untuk memastikan bahwa kejuaraan yang paling tinggi untuk para pecatur wanita ini akan berlangsung dengan aman dan lancar. Sochi menyambut dengan hangat dan tangan terbuka untuk para pecatur wanita terbaik dunia, yang akan terlibat dalam persaingan ketat dan kuat untuk menunjukkan keahlian mereka, tekad dan kemampuan kreatif ditunjukkan dalam praktek bahwa mereka memiliki segala sesuatu yang diperlukan untuk memperebutkan mahkota catur wanita dunia.” Putin mengakhiri sambutannya dengan semangat, “Saya yakin bahwa kejuaraan ini akan menjadi acara yang mengesankan dan menarik. Ini akan sangat membantu untuk membuat olahraga catur lebih populer di sini, di Rusia dan di seluruh dunia."

Pairing babak pertama Women's World Chess Championship 2015 mempertemukan Irene lawan IM Salome Melia dari Georgia. Salome jelas bukan lawan yang ringan mengingat ia adalah unggulan ke-26 dengan rating 2459 sementara Irene adalah unggulan ke-39 dengan rating 2415. Untuk memprediksi kekuatan kedua pemain lihat perbandingannya di foto “Profile of The Players” di bawah ini.


Women's World Chess Championship 2015 yang menggunakan sistem gugur mempertemukan 64 pecatur wanita terbaik dunia yang lolos melalui berbagai kualifikasi kontinental. Ada tiga mantan juara dunia catur wanita yang ikut ambil bagian, yaitu GM Alexandra Kosteniuk (Rusia), GM Anna Ushenina (Ukraina), dan GM Antoaneta Stefanova (Bulgaria). Pecatur top lainnya yang turut serta adalah runner-up juara dunia wanita GM Koneru Humpy (India) dan tiga kali juara Rusia GM Valentina Gunina. Sedangkan Juara Dunia Catur Wanita saat ini GM Hou Yifan dari China tidak ikut bertanding dan hanya menunggu siapa bakal lawannya di Duel Match memperebutkan Ratu Catur Dunia yang kemungkinan akan digelar di bulan-bulan akhir tahun ini juga (masih menunggu kesepakatan dengan sponsor yang akan terlibat). 

Lima ronde pertama akan meliputi dua partai dengan waktu pikir standar 90 menit per 40 langkah plus 30 menit untuk sisanya dengan bonus/increment 30 detik di setiap langkahnya. Ronde keenam atau babak final akan meliputi empat partai utama catur standar. 

Jika kedudukan seri 1-1, maka dilanjutkan dengan tie-break: dua partai catur cepat 25 menit + 10 detik per langkah. Jika skor masih sama, pertandingan dilanjutkan dengan dua partai catur kilat dengan waktu 10 menit + 10 detik per langkah. Jika dua partai ini masih juga belum menghasilkan pemenang, maka dilanjutkan dengan dua partai catur kilat 5 menit + 3 detik per langkah.

Kalau setelah itupun skor masih sama kuat, maka kemenangan akan ditentukan dalam satu partai yang disebut Armageddon: Putih mendapat waktu pikir 5 menit, Hitam mendapat 4 menit, increment 3 detik per langkah ditambahkan setelah langkah ke-61. Jika hasilnya remis, maka pemegang buah Hitam yang dinyatakan sebagai pemenang.

(Sumber berita: FIDE dipadukan dengan laporan langsung Kristianus Liem dari Sochi Rusia)
Facebook
0 Blogger