31 Maret 2011

Siaran Pers: TELIN CHESS International Tournament 2011

Telin dan PB. Percasi Gelar Telin Chess International Tournament 2011 Guna Tingkatkan Prestasi Pecatur Nasional. Sekitar 100 pecatur terbaik dari dalam dan luar negeri akan bertarung untuk menaikkan Elo Rating dan memperebutkan total hadiah lebih dari 25.000 Dollar Amerika.


Jakarta, 29 Maret 2011 – PT Telekomunikasi Indonesia International (Telin) berkerja sama dengan Pengurus Besar Persatuan Catur Seluruh Indonesia (PB. Percasi) akan menyelenggarakan turnamen catur tingkat internasional dengan tajuk “Telin Chess International Tournament 2011”. Menurut rencana, turnamen ini akan dibuka oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, Andi Mallarangeng, pada tanggal 1 April 2011 dan diselenggarakan selama 7 hari, yaitu tanggal 1-7 April 2011, di  Gedung Grha Citra Caraka Telkom, Jl. Jend. Gatot Soebroto Kav. 52 Jakarta.

Turnamen catur internasional yang diselenggarakan untuk pertama kalinya di tahun 2011 ini dimaksudkan untuk lebih mengembangkan olahraga catur di Indonesia dan memacu prestasi atlet-atlet catur Indonesia dengan memberikan kesempatan kepada mereka untuk bertarung dengan atlet-atlet catur terbaik dunia. Melalui turnamen ini diharapkan banyak pecatur Indonesia dapat meningkatkan elo-rating yang mereka miliki saat ini sehingga akan lahir grandmaster-grandmaster dan master-master internasional baru di tanah air.   

Turnamen catur Telin Chess International Tournament 2011 akan berlangsung selama 9 babak dengan menggunakan sistem Swiss dan diikuti oleh tak kurang dari 100 pecatur terbaik, baik dari dalam maupun luar negeri serta akan memperebutkan total hadiah lebih dari 25.000 Dollar Amerika. Tercatat 7 pecatur dari luar negeri yang telah menyatakan kesiapannya untuk bertanding dalam turnamen ini. Mereka adalah: GM Eugene Torre (Filipina, dengan elo rating 2.495), GM Zhang Zhong (Singapura, 2.592), GM Dao Thien Hai (Vietnam, 2.507), GM Dibyendu Barua (India, 2468), GM Merab Gagunashvili (Georgia, 2.599), GMW Anastasia Karlovich (Ukraina, 2.204) dan MIW Sadeli Dhar (India, 2.134).
Pecatur-pecatur terbaik Indonesia, GM Susanto Megaranto (2.533) dan GMW Irine Kharisma Sukandar (2354), yang beberapa waktu lalu (18-26 Maret) bertanding di Taskent Open, Uzbekistan, telah menyatakan keikutsertaan mereka. Selain diikuti oleh para pecatur Indonesia yang memiliki ELO rating dan rating nasional diatas 2.200, terdaftar 22 pecatur yang lolos Seleksi Nasional (Seleknas) SEA Games XXVI/2011ke-26 di Palembang. Diharapkan turnamen internasional ini akan menjadi ajang pemanasan yang tepat bagi mereka, sekaligus berpeluang untuk menaikkan elo-rating dan perolehan gelar yang lebih tinggi.

“Sebagai bagian dari program Corporate Social Responsibility (CSR) Telin, kami berharap dukungan ini akan memberikan kontribusi nyata bagi perkembangan olahraga catur di tanah air,” ujar Ririek Adriansyah, Presiden Direktur Telin. “Selama ini permainan catur yang identik dengan olahraga inteligensia telah menorehkan prestasi membanggakan di dunia internasional. Dengan adanya turnamen ini kami berharap akan lahir generasi baru pecatur Indonesia yang akan mampu berprestasi lebih tinggi di tingkat internasional. Hal ini sesuai dengan visi dan semangat Telin untuk menjadi salah satu perusahaan Indonesia yang memiliki prestasi tingkat internasional,” tambah Ririek Andriansyah. 

Sementara itu, GM Utut Adianto, Wakil Ketua / Ketua Harian PB. Percasi mengatakan,”Kami ucapkan banyak terima kasih dan menyambut baik dukungan Telin dalam penyelenggaraan turnamen ini. Semoga partisipasi Telin ini akan menggugah perusahaan-perusahaan nasional lain untuk memberi perhatian terhadap olahraga catur di Indonesia.”
Saat ini Indonesia memiliki 5 orang Grand Master (GM), 13 orang International Master (IM), 18 orang Master FIDE Master (FM) dan 1 orang Woman Grand Master (WGM), 4 orang Woman International Master (WIM) dan 4 orang Woman FIDE Master (WFM). Setelah turnamen ini diharapkan jumlah pecatur Indonesia yang bergelar Grandmaster dan Master Internasional akan bertambah. 
-------------------------
Sekilas Tentang Telin: 
Telin adalah anak perusahaan PT Telekomunikasi Indonesia Tbk. (TELKOM), penyedia jasa telekomunikasi dan jaringan terbesar di Indonesia, yang didirikan untuk mengelola bisnis internasional TELKOM dengan tujuan memberikan nilai bisnis bagi para pemangku kepentingan dalam persaingan industri global yang kompetitif. Dengan portofolio usaha di bidang penyediaan layanan telekomunikasi internasional dan investasi strategis, Telin bertekad untuk menyediakan solusi dan layanan telekomunikasi terbaik dalam peta bisnis yang kompetitif pada saat ini dan ke depan. Telin berkomitmen untuk bridging the world with Indonesia and beyond, melalui layanan komunikasi global yang terbaik. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi website Telin di : http://www.telin.co.id. 
  
Sekilas Sejarah PERCASI:
Masyarakat Indonesia mengenal catur pada jaman penjajahan Belanda, meskipun kebanyakan orang-orang Belanda yang senang bermain catur pada waktu itu. Hingga akhir abad ke-19 bermunculanlah klub-klub catur di Surabaya, Magelang, Yogyakarta dan Bandung. Pada tahun 1915 di Yogyakarta didirikan Nederlandsch Indische Schaak Bond (NISB) atau “Perkumpulan Catur Belanda Indonesia”. Namun masih sedikit orang Indonesia yang menggemari catur. Baru sesudah Proklamasi Kemerdekaan RI tahun 1945, walaupun perjuangan bersenjata masih berlangsung, kegiatan catur mulai bermunculan kembali dan berkembang terutama di pulau Jawa, seperti di Solo, Yogyakarta dan Magelang. Atas prakarsa beberapa tokoh catur masa itu, pada tahun 1948 didirikanlah PERSATUAN CATUR SELURUH INDONESIA (PERCASI) berkedudukan di Yogyakarta menggantikan NISB yang sudah lama bubar. Namun tanggal 17 Agustus 1950 dipilih sebagai tanggal resmi berdirinya PERCASI, dengan Ketua Umum PERCASI yang pertama adalah Dr. Suwito Mangkusuwondo (alm.) Kejuaraan Nasional yang pertama baru bisa diadakan pada tahun 1953 di Solo. Di tahun 1955 kedudukan PB. PERCASI dipindahkan dari Yogyakarta ke Jakarta. Pada tahun 1960 PERCASI diterima sebagai anggota FIDE (Federation Internationale Des Echecs) atau Federasi Catur Internasional sampai sekarang.  
------------------------------
Perubahan jadwal Technical Meeting:
Dilaksanakan pada hari Jumat tanggal 1 April 2011 jam 13.30 WIB di Tempat Pertandingan: Gedung Telkom Grha Citra Caraka, Jalan Jendral Gatot Subroto Kavling 52 Jakarta - Indonesia.       
  

Facebook
1 Blogger