21 September 2010

39th WORLD CHESS OLYMPIAD - OPENING CEREMONY



UPACARA PEMBUKAAN 39th World Chess Olympiad yang spektakuler telah berlangsung tadi malam (Senin 20 September 2010 jam 21.30 waktu Khanty-Mansiysk) di Gelanggang Ugra Khanty-Mansiysk, dengan dihadiri sekitar 5.000 tamu undangan dari seluruh dunia.
Para tamu disuguhi pertunjukan yang indah, paduan tari-tarian Nasional Republik Kalmykia dalam balutan sinar laser yang menakjubkan, dengan puncaknya adalah pertandingan catur "hidup" yang diperagakan oleh para penari mengambil partai pertandingan klasik Andersen - Kizeritsky di atas papan catur Raksasa. Ucapan selamat datang pertama-tama disampaikan oleh Presiden Federasi Rusia Dmitry Medveded melalui video yang dipancarkan ke layar yang sangat lebar. Selanjutnya sambutan selamat datang disampaikan langsung oleh Presiden Federasi Catur Dunia (FIDE) Kirsan Ilyumzhinov yang didampingi oleh Wakil Presiden Federasi Catur Rusia Arkady Dvorkovich dan Walikota Khanty-Mansiysk Andrey Bukarinov. 

Rangkaian acara pembukaan diakhiri dengan pengundian warna oleh Wasit Ketua Sava Stoisavljevic bagi starting rank 1 (unggulan 1) yaitu Tim Rusia 1 (sebagai tuan rumah, Rusia berhak mengikutsertakan 3 tim putra dan 2 tim putri). Tim Rusia 1 Putra mendapat/memegang warna putih pada babak pertama, sementara Tim Rusia 1 Putri mendapat/memegang warna hitam pada babak pertama.

Tim Indonesia Putra yang diunggulkan di peringkat 67 (dari 148 tim/regu peserta putra) berdasarkan rata-rata ELO Rating para pemain, pada babak pertama memegang warna putih, dan akan berhadapan dengan Tim Mauritania. Tim Indonesia Putri yang diunggulkan di peringkat 48 (dari 114 tim/regu peserta putri) berdasarkan rata-rata ELO Rating para pemain, pada babak pertama juga memegang warna putih, dan akan berhadapan dengan Tim Kenya.
 



Olimpiade Catur ke-39 telah resmi dibuka. Sejauh mana peringkat akhir yang akan dicapai oleh Tim Merah-Putih Putra-Putri, mari kita ikuti sama-sama pada hari-hari mendatang... Sukses Tim Indonesia! 

(All photos from Ugra-Chess)

Facebook
0 Blogger