20 September 2010

39th WORLD CHESS OLYMPIAD



OLIMPIADE CATUR yang merupakan event dengan klasifikasi tertinggi cabang olahraga (cabor) catur di seluruh dunia, yang merupakan event dua tahunan, pada tahun 2010 ini akan terselenggara untuk yang ke-39 kalinya di Khanty-Mansiysk, Kalmykia, Rusia, pada tanggal 20 September hingga tanggal 4 Oktober 2010. Yang istimewa, pada pelaksanaan Olimpiade Catur kali ini bersamaan dengan Pemilihan Presiden Federasi Catur Internasional (FIDE) periode 2010-2014 yang dilangsungkan pada jeda waktu Kongres FIDE yang ke-81, dimana dua kandidat utama bersaing ketat yaitu Presiden FIDE yang kini menjabat Kirsan Ilyumzhinov berhadapan dengan penantangnya Grandmaster Anatoly Karpov yang merupakan mantan Juara Dunia Catur era tahun 1980-1990an. Dalam rangkaian kampanye hingga saat ini, untuk sementara dukungan negara-negara anggota FIDE pada Kirsan Ilyumzhinov masih lebih banyak dibanding dukungan pada GM Anatoly Karpov (yang menyempatkan hadir di Jakarta, Indonesia, pada tanggal 15-17 Juli 2010 dalam rangkaian kampanyenya. Pada saat itu ada pertanyaan dari salah seorang wartawan: seberapa pentingkah posisi Indonesia sampai-sampai GM Anatoly Karpov menyempatkan datang ke Indonesia? Yang dijawab GM Karpov: “Indonesia adalah salah satu negara besar, tentu saja sangat berpengaruh bila mendapat dukungan dari Indonesia pada pemilihan Presiden FIDE mendatang. Bahkan dukungan dari sebuah negara kecil pun – seperti Fiji – sangat menentukan, karena satu negara – baik kecil maupun besar – memiliki hak satu suara.”  

Indonesia, yang pada event ini dikoordinir sepenuhnya oleh Pengurus Besar Persatuan Catur Seluruh Indonesia (PB. PERCASI), juga mengirimkan Tim Catur Putra-Putri dan Delegasi untuk mengikuti event akbar cabor catur tersebut. Untuk melihat nama-nama Tim Catur Putra-Putri Indonesia, klik kanan pada tautan berikut dan pilih opsi “Open Link in New Tab” agar terbuka di tab baru tanpa meninggalkan halaman ini: http://www.chess-results.com/tnr36795.aspx?art=34&fed=INA&lan=1&flag=30&m=-1&wi=1000

Tim Catur Merah-Putih dilepas oleh Ketua Umum PB Percasi Hashim Djojohadikusumo pada hari Sabtu 18 September 2010 bertempat di Resto Ahyat Mid Plaza 2, Jalan Jendral Soedirman, Jakarta. Dalam acara pelepasan tersebut, Ketua Umum PB Percasi berpesan agar para atlet berjuang semaksimal mungkin tanpa melupakan kebutuhan gizi dan nutrisi, karena olahraga catur yang “kelihatannya” tidak memerlukan kekuatan fisik, ternyata memerlukan asupan gizi dan nutrisi yang maksimal, karena yang diandalkan adalah OTAK yang merupakan salah satu organ terpenting manusia. Selain itu Hashim Djojohadikusumo juga memberikan 17 setelan seragam tim catur khusus (yang setiap setelannya diperkirakan seharga sekitar Rp 3 juta) berupa: overcoat / jaket bulu angsa, pakaian dalam hawa dingin long jhon, kaus kaki dan sarung tangan, serta topi winter dan syal winter, guna persiapan menghadapi hawa dingin di Khanty-Mansiysk Rusia (suhu di Rusia saat ini berkisar 14 derajat Celsius, diperkirakan suhu di Khanty-Mansiysk yang lebih dekat ke Kutub Utara saat Olimpiade Catur berlangsung sekitar 5-10 derajat Celsius)

Target yang dibebankan PB Percasi pada Tim Catur Merah-Putih Putra-Putri adalah perbaikan peringkat Indonesia di cabor catur. Pada Olimpiade Catur ke-38 tahun 2008 di Dresden, Jerman, Tim Catur Putra berakhir di peringkat 52 dunia dari 154 regu peserta, sementara Tim Catur Putri berakhir di peringkat 42 dunia dari 114 regu peserta. Di Olimpiade Catur ke-39 kali ini, sudah tercatat 157 tim catur putra dan 118 tim catur putri dari 158 negara peserta (termasuk Indonesia). Acara pembukaan akan berlangsung hari Senin 20 September 2010 jam 20.00 waktu Khanty-Mansiysk, dan pertandingan babak pertama dari 11 babak Sistem Swiss yang direncanakan, akan berlangsung mulai hari Selasa 21 September 2010.
Mari kita nantikan kiprah Tim Catur Merah-Putih Putra-Putri dari ajang Olimpiade Catur ke-39/2010 Khanty-Mansiysk, Kalmykia, Rusia.   

Teks foto: Tim Catur Merah-Putih Putra-Putri dan Delegasi Indonesia ke 39th World Chess Olympiad dan 81th FIDE Congress yang berjumlah 17 orang saat keberangkatan di Bandara Soekarno-Hatta pada hari Minggu dini hari, 19 September 2010 jam 00.45, menggunakan Emirates Airline yang akan transit di Dubai sebelum melanjutkan perjalanan menggunakan pesawat charter ke Khanty-Mansiysk. Paling kanan adalah Pelatih Asing Grandmaster Ruslan Shcherbakov dari Rusia yang akan mendampingi Tim Catur Indonesia (semua foto oleh Henry Hendratno)
Facebook
0 Blogger